SMK Muhlibat Gunakan Bahasa Jawa Di Apel HJL

SMK Muhlibat Gunakan Bahasa Jawa Di Apel HJL

Islamik Online – SMK Muhammadiyah 5 Babat (Muhlibat) Lamongan adakan apel pagi dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Lamongan ke-454 kegiatan berlangsung di halaman kampus 1 jln rumah sakit 15 Babat Lamongan, Jum’at (25/5/23)

Apel hari ini terasa istimewa karena petugas apel menggunakan bahasa Jawa dan pembacaan riwayat kota Lamongan secara singkat juga disampaikan dengan menggunakan Bahasa Jawa.

Siti Sumazaroh SPd yang didaulat membacakan pitutur luhur menyampaikan, pitutur luhur ini menceritakan tentang sejarah kota Lamongan tentang siapa itu Ronggohadi.

Tenaga pendidik mapel bahasa Jawa tersebut menceritakan, Ronggohadi yang mendapat tugas dari Sunan Giri salah satu tugasnya untuk merubah kebiasaan masyarakat waktu itu, agar masyarakat Lamongan pada waktu itu menjadi masyarakat yang hidupnya lebih tenang, ayem tenteram. katanya

Ronggohadi adalah salah satu Pahlawan Lamongan karena masyarakat Lamongan sangat mengaguminya sampai-sampai masyarakat menjulukinya mbah lamong. ucapnya.

Di tempat yang sama Kepala SMK Muhlibat Achmad Ghofur SPd menyampaikan, pentingnya mempelajari bahasa jawa agar mengenal lebih luas lagi, rata rata anak sekarang paling fahamnya (nggeh, mboten) untuk itu perlu dikembangkan juga dilestarikan “bisa jadi langka dan unik serta bisa menjadi tenar”. tambahnya

Hari ini adalah hari jadi kota Lamongan ke-454 yang punya ciri khas yaitu Lamongan megilan (luar biasa) juga ada yang menyebutnya Joko Tingkir, tapi sayangnya banyak yang diplesetkan Joko Tingkir ngombe dawet. pungkasnya (qmr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *