LDKS SMK Muhlibat Tahun 2024 Berakhir, Kader Diharapkan Militan, Bertanggung Jawab, dan Berjiwa Sosial

LDKS

ISLAMIK ONLINE – Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKS) SMK Muhammadiyah 5 Babat (Muhlibat) Lamongan yang dilaksanakan di Dedurian Park Wonosalam Jombang, berakhir pada hari Sabtu (27/01/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) periode 2023-2024 dan pengurus Dewan Amaliyah Gugus AR.Fahruddin dengan total jumlah 42 peserta, terdiri dari 15 laki-laki dan 27 perempuan.

Kegiatan LDKS ini mengusung tema “Membentuk Kader Militan, Bertanggung Jawab, dan Berjiwa Sosial di Era Milenial”.

Dalam sambutannya, ketua panitia sekaligus Waka Kesiswaan SMK Muhlibat Muhtaris Syafi’i SAg MPdI mengatakan, bahwa para peserta LDKS memiliki tugas dakwah sesuai QS. Ali Imran ayat 104 dan memiliki tantangan sesuai apa yang dikatakan Ali bin Abi Thalib, yaitu kebenaran yang tidak diorganisir dengan baik dapat dikalahkan dengan kebatilan yang diorganisir.LDKS

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Muhlibat Ahmad Ghofur SPd mengatakan, bahwa para peserta LDKS adalah kader terbaik yang terpilih di antara 570 siswa. Oleh karena itu, mereka harus bisa bekerja sama untuk mewujudkan kader yang militan, bertanggung jawab, dan berjiwa sosial di era milenial.

Pada LDKS kali ini, bentuk kegiatan diserahkan kepada Tim Dedurian Park Wonosalam Jombang. Salah satu trainer Tim Dedurian, Kak Dikky, mengatakan bahwa para peserta LDKS sebenarnya sudah memiliki kompetensi, hanya saja mereka belum berani mengekspresikan diri. Dia berharap, kegiatan LDKS ini dapat memberikan progres lebih lanjut bagi para peserta.

Trainer lain, Kak Udin mengatakan, bahwa para peserta LDKS masih tiap kelompok ingin menonjolkan diri sendiri dan kelompoknya antara IPM dan DA. Padahal, seharusnya mereka berkolaborasi untuk mencapai visi dan misi serta saling melengkapi. Oleh karena itu, Kak Udin memberikan ruang untuk melakukan briefing agar para peserta tidak menonjolkan ego masing-masing.

Pada materi terakhir, pemilik Dedurian Park Wonosalam Jombang sekaligus trainer yang berprofesi wartawan, menegaskan bahwa para peserta harus menggunakan media sosial yang informatif dan website sekolah untuk menampung aspirasi anggota dan para siswa.

Diharapkan, dengan kegiatan LDKS selama 3 hari ini, para peserta dapat memiliki progres dan kerjasama yang maksimal untuk memajukan SMK Muhlibat.

Sumber Muhtaris
Editor Qomari
Pengelola website Riyawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *