Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah 5 Babat

Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah 5 Babat

Kegiatan yang menjadi pengingat kita bahwa Hizbul Wathan  adalah Gerakan Kepanduan dalam Muhammadiyah yang berdiri pada Tahun 1336 H / 1918 M. Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan pernah dibubarkan oleh Tentara Jepang tahun 1942, atas dorongan Panglima Besar Jenderal Soedirman sebelum beliau wafat pada awal tahun 1950 organisasi Pandu Hizbul Wathan dibangkitkan kembali.

Gerakan Kepanduan Hizbul wathan dibangkitkan kembali pada tanggal 10 Sya’ban 1420 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 18 November 1999 Miladiyah oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan surat keputusan nomor 92/SK-PP/VI-B/1.b/1999 tanggal 10 Sya’ban 1420 H / 18 November 1999 M dan dipertegas dengan surat keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 10/Kep/I.O/B/2003 tanggal 1 Dzulhijjah 1423 H / 2 Februari 2003 untuk waktu yang tidak ditentukan.

SMK Muhammadiyah 5 Babat dalam rangka memperingati hari kebangkitan gerakan kepanduan Hizbul Wathan yang ke 98 M/102 H dengan mengadakan kegiatan Apel pagi yang berlangsung pada hari Jum’at 18 November 2016 di Halaman Kampus 1 SMK Muhammadiyah 5 Babat. Apel kali ini diikuti seluruh siswa dan guru SMK Muhammadiyah 5 Babat dengan penuh semangat yang luar biasa.
Petugas pembina qobilah yakni bapak Fathurrahim Syuhadi menyampaikan bahwa Program pembinaan gerakan kepanduan Hizbul Wathan dititikberatkan pada bidang perkaderan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia), agar mereka memiliki kualitas tri dimensi, yaitu kader Muhammadiyah, kader umat dan kader bangsa. Sedangkan bidang-bidang lain sebagai penunjang  seiring dengan perkaderan tersebut. Dalam pelaksanaannya pembinaan kepanduan Hizbul Wathan bertumpu pada keimanan, ketaqwaan, kepeloporan, rasa kesetiakawanan, kemandirian, dan kejuangan yang dilandasi keikhlasan.

Harapan besarnya adalah kelak kader-kader dari kepanduan Hizbul Wathan mampu mengharumkan nama baik persyarikatan Muhammadiyah, umat Islam dan bangsa Indonesia di masa mendatang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *