Sekolah di UT School Yuk!

Image result for ut school

Pendidikan gratis plus uang saku? Lulus dan langsung bekerja di perusahaan multinasional? Siapa yang menolak.

Dan kesempatan itu datang sekarang. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan SDM, United Tractors (UT) School membuka kesempatan lebar bagi Anda yang memiliki keinginan bekerja di industri alat berat untuk belajar di sana.
UT School merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah PT United Tractors Tbk. Lembaga ini mengkhususkan diri untuk mendidik siswanya di level SMK, D3, dan S1. Khusus D3 dan S1, mereka akan masuk dalam program heavy equipment technical management. UT School berdiri sejak 2008 silam.
Kenapa harus UT School?
UT School terbilang berbeda. UT School merupakan lembaga satu-satunya di Indonesia yang memberikan pendidikan alat berat secara gratis. Setelah lulus langsung bisa masuk ke perusahaan UT Group dan customer-nya. Customer UT tentu saja perusahaan-perusahaan multinasional. “Kami memberikan pendidikan intensif dan komprehensif,” tegas Djuni Utami, Pembantu Direktur Bidang Akademik UT School.
UT School membuka dua jenis pendidikan, yakni reguler dan non reguler. Level D3 dan S1 akan menjalani pendidikan reguler, yakni selama 1 tahun. Separuh waktu pendidikan akan dihabiskan di dalam kelas di Jakarta dan sisanya menjalani OJT di lapangan. OJT akan dilaksanakan di Kalimantan.
Layaknya siswa yang menempuh pendidikan, tiap semester akan ada evaluasi belajar. “Jika tidak layak maka akhir tahun pendidikan tidak akan diperpanjang,” terang Djuni Utami. Nah, setelah lulus, Anda akan ditempatkan di perusahaan UT Group atau perusahaan lainnya. Anda akan menjalani kontrak kerja selama satu tahun sampai pada akhirnya Anda menjadi karyawan tetap.
Fasilitas apa yang akan Anda dapatkan?
Meskipun dalam kondisi sedang belajar, Anda akan mendapatkan uang saku. Selain itu Anda juga mendapatkan seragam secara gratis, meliputi safety shoes, helmet dan alat keamanan lainnya. Saat menempuh pendidikan di Jakarta, Anda memang diharuskan mengurus tempat tinggal sendiri. Namun ketika sudah saatnya OJT di Kalimantan, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa tempat tinggal, makanan, bahkan sampai cuci baju. “Anda hanya harus belajar sebaik mungkin,” ujar Djuni Utami.
Karyawan yang diterima akan menjalani kontrak kerja selama satu tahun untuk selanjutnya diangkat sebagai karyawan tetap. Di awal kerja, Anda akan dibekali lagi dengan kemampuan teknis tentang bisnis alat berat serta pengkondisian perilaku melalui outbound. Wah, akan ada banyak ilmu yang dapat Anda serap di sini.

Jam sekolah dimulai dari pukul 07.00 pagi sampai 05.00 sore. Di luar itu Anda bebas. Anda akan libur pada Sabtu dan Minggu.
Tahapan apa saja yang akan Anda lalui?
Terdapat 5 tahapan tes yang akan Anda lalui untuk lolos sebagai siswa UT School, yakni administrasi, psikotes, wawancara user, wawancara direksi, dan tes kesehatan. Lalu, apa yang harus Anda persiapkan?
“Tidak ada persiapan khusus,” tutur Djuni Utami. Anda hanya harus memantapkan motivasi Anda untuk menjalani setiap proses yang UT School berikan. Pastikan bahwa Anda memang siap bekerja di luar pulau Jawa.
Kandidat seperti apa yang UT School cari?
UT School mencari kandidat yang pola berpikirnya benar, memiliki motivasi kuat untuk belajar, dapat bekerja sama dalam tim, dan memang berminat bekerja dalam industri bisnis alat berat. Selain itu, self learning menjadi faktor yang sangat penting agar Anda lolos dalam proses seleksi ini. “Energik dan punya mimpi sendiri, kalau pasif pasti susah,” ulas Djuni Utami.
Seluruh karyawan yang lulus dari UT School akan ditempatkan di Kalimantan. Untuk itu, UT School mencari orang yang mau bekerja di sana. Tentu saja kemandirian perlu Anda persiapkan dari sekarang. “Punyalah mimpi dulu, karena mimpi dapat menggerakkan energi Anda,” pesan Djuni Utami.
Nah, tunggu apalagi?

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*