Apakah Seorang Muslim Diharuskan Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW?

Tentang shalawat kepada Nabi Muhammad saw, ada satu ayat yang cukup jelas disebutkan di dalam Al-Qur’an, yaitu pada surat al-Ahzab (33): 56,

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا [الأحزاب، 33: 56]

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Di dalam ayat tersebut tegas disebutkan bahwa Allah dan para malaikat pun bershawalat serta tegas pula diperintahkan bagi orang-orang yang beriman agar bershalawat untuk Nabi Muhammad saw. Jadi, membaca shalawat atas Nabi Muhammad saw merupakan perintah langsung dari Allah Swt, sebagaimana Allah dan para malaikat pun bershalawat atasnya. Menurut beberapa ulama, shalawat yang berasal dari Allah bermakna rahmat, yang berasal dari malaikat bermakna permohonan ampun kepada Allah dan yang berasal dari manusia bermakna doa mohon limpahan rahmat dari Allah atas Nabi Muhammad saw.

Adapun redaksi atau lafal shalawat yang paling ringan lagi mudah adalah,
اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ (Allahumma shalli ‘ala Muhammad)
“Wahai Allah, limpahkan shalawat atas Nabi Muhammad saw.”

Sedangkan redaksi yang lebih panjang sebagaimana yang diriwayatkan beberapa ulama hadis, antara lain adalah al-Bukhari, sebagai berikut,

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَىَy آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَىَ آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللهم بَارِكْ عَىَم مُحَمَّدٍ ، وَعَىَآ آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَىَآ آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

(Allahumma shalli ‘ala Muhammad, wa ‘ala aali Muhammad, kama shallaita ala aali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahuma barik ‘ala Muhammad, wa ‘ala aali Muhammad, kama barakta ‘ala aali Ibrahim, innaka hamidun majid.)

“Wahai Allah, limpahkan shalawat atas Nabi Muhammad saw, dan atas keluarga Nabi Muhammad saw, sebagaimana engkau limpahkan shalawat atas keluarga Nabi Ibrahim as., sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Pemurah. Wahai Allah, limpahkanlah barakah atas Nabi Muhammad saw, dan atas keluarga Nabi Muhammad saw, sebagaimana engkau limpahkan barakah atas keluarga Nabi Ibrahim as., sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Pemurah.

sumber: sangpencerah

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*